EVALUASI PENDIDIKAN

EVALUASI PENDIDIKAN. Setiap perbuatan dan tindakan dalam pendidikan selalu menghendaki hasil. Pendidik selalu berharap bahwa hasil yang diperoleh sekarang lebih baik dan memuaskan dari hasil yang diperoleh sebelumnya, untuk menentukan dan membandingkan antara satu hasil dengan lainnya diperlukan adanya evaluasi.

Baca Juga : Template Blogger Toko Online ShopeQ

Diakui bahwa kritik-kritik sering muncul tentang sistem pendidikan yang sering berubah dan tidak seimbang. Kurikulum yang kurang tepat dengan mata pelajaran yang terlalu banyak dan tidak  berfokus pada hal-hal yang seharusnya diberikan dan lain sebagainya. untuk mengatasi masalah yang seperti ini perlu adanya evaluasi pendidikan, agar setiap kekurangan ataupun kegagalan pada kurikulum yang diajarkan bisa diperbaiki pada kurikulum yang akan datang.

Kegiatan Belajar mengajar - KBM

Ruang lingkup pendidikan sangat luas, mulai dari masukan(input), proses sampai hasil (output) yang diperoleh. Ketika proses pembelajaran dipandang sebagai proses perubahan tingkah laku siswa, peran penilaian dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting. Penilaian dalam proses pembelajaran merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menganalisa dan menginterpretasi informasi untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. untuk mengetahui apakah proses yang dilakukan itu sudah sesuai dengan tujuannya maka harus dilakukan umpan balik.

  1. Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi titik permasalahan dari makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Apa pengertian evaluasi pendidikan?
  2. Apa saja fungsi dan tujuan evaluasi pendidikan?
  3. Bagaimana teknik evaluasi pendidikan?
  4. Apa saja jenis-jenis evaluasi dalam pendidikan?
  • Pembahasan
  • Definisi Evaluasi Pendidikan

Secara harfiah evaluasi berasal dari bahasa Inggris, evaluation, yang berarti penilaian dan penaksiran. Dalam bahasa Arab, dijumpai istilah imtihan, yang berarti ujian, dan khataman yang berarti cara menilai hasil akhir dari proses kegiatan. Sedangkan secara istilah, ada beberapa pendapat, namun pada dasarnya sama, hanya berbeda dalam redaksinya saja.

Oemar Hamalik mengartikan evaluasi sebagai suatu proses penaksiran terhadap kemajuan, pertumbuhan, dan perkembangan peserta didik untuk tujuan pendidikan.

Sementara Abudin Nata menyatakan bahwa evaluasi sebagai proses membandingkan situasi yang ada dengan kriteria tertentu dalam rangka mendapatkan informasi dan menggunakannya untuk menyusun penilaian dalam rangka membuat keputusan.

yang membutuhkan file nya bisa diklik DISINI

Tags:

Leave a Reply

Open chat
Hello taidz.my.id
Saya ingin bertanya tentang EVALUASI PENDIDIKAN

https://taidz.my.id/evaluasi-pendidikan